Makan Buah Jumlah Banyak Bolehkah?

Makan buah dalam jumlah banyak bagi vegetarian adalah hal yang lumrah. Demikian pula oleh pelaku food combining (FC), yang tak pernah sepi buah dari piring hidang mereka setiap hari. Akan tetapi kandungan gula dalam buah yang cukup tinggi itu, diklaim berbahaya bagi kesehatan.

Disebutkan bahwa kini terdapat istilah keracunan fruktosa akibat konsumsi buah yang tinggi fruktosanya (gula). Konsumsi ideal atau ambang batas normal toksisitas fruktosa disebutkan yakni sekitar 50 gram per hari.

Jumlah 50 gram ini setara dengan 5 butir buah, sebab asumsinya 1 butir buah mengandung sekitar 10 gram fruktosa buah.

Namun, hal itu disanggah oleh Harvard Health Letter. Dilansir dalam blog kesehatan terkini, universitas di Amerika itu menyatakan bahwa makan buah dalam jumlah banyak akan bermanfaat.

“Masalah nutrisi akibat kelebihan fruktosa dan gula terjadi ketika mereka ditambahkan ke makanan. Buah sendiri bermanfaat bila dikonsumsi dalam jumlah berapa pun,” tulisnya.
Hal itu dibuktikan dengan adanya studi terhadap sejumlah 17 partisipan. Mereka diminta untuk mengonsumsi 20 porsi buah per hari dengan kandungan fruktosa yang tinggi.

Setelahnya, ada penelitian terhadap berat badan, tekanan darah, insulin, dan kadar lipid tubuh mereka. Ternyata ilmuwan tidak menemukan adanya kondisi membahayakan atau efek samping yang buruk akibat konsumsi buah dengan porsi banyak itu.

Bahkan disebut bahwa buah bisa jadi sumber kalori yang sehat karena tidak akan menumpuk jadi lemak seperti sumber kalori lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia Ikhlas "Lepas" Bank Sinar

Waktu Olahraga yang Tepat Saat Berpuasa

BlackBerry A10 Meluncur November