Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia Ikhlas "Lepas" Bank Sinar

Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia Ikhlas "Lepas" Bank Sinar - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) akan secara resmi melepas PT Bank Sinar Harapan Bali. Sekitar 40,4 persen saham salah satu anak usahanya ini akan dilepas ke PT Pos Indonesia dan PT Tabungan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen).

Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini membenarkan kabar tersebut. Pihaknya kini bersiap menandatangani kerja sama tentang kesepakatan membuat bank joint venture tersebut dalam waktu dekat.

"Iya, itu Bank Sinar Harapan Bali yang saat ini kami masih mayoritas di sana. Tapi kami akan tetap menjadi mayoritas di bank tersebut," kata Zulkifli saat ditemui di Hotel Four Seasons, Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Menurut Zulkifli, pihaknya mengaku ikhlas melepas Bank Sinar karena kerja sama ini merupakan kerja sama patungan di antara perusahaan-perusahaan BUMN, yaitu PT Pos Indonesia dan PT Taspen. Harapannya, kerja sama tersebut akan makin memperkuat bank di Bali tersebut.

Karena akan menjadi entitas perusahaan patungan, Zulkifli menjelaskan bahwa bank tersebut akan melayani pelanggan di setiap perusahaan patungan. Dengan PT Pos Indonesia, misalnya, Bank Sinar akan memiliki jumlah cabang yang semakin besar seiring dengan jumlah cabang yang dimiliki PT Pos Indonesia. Begitu juga dengan keberadaan PT Taspen yang mengurusi banyak pensiunan.

Nantinya, bank hasil patungan tersebut semakin besar memberikan kucuran kredit atau memperluas basis nasabah di kalangan pensiunan. "Bank ini juga akan diarahkan menjadi branchless banking. Itu sudah dijadikan pilot project. Kami kini sedang menanti aturan Bank Indonesia soal branchless banking tersebut. Nanti biar makin agresif," tuturnya.

Karena menjadi perusahaan patungan, Bank Mandiri juga akan meningkatkan modal bersama yang akan disetor bersama PT Pos Indonesia dan PT Taspen. Hasil kesepakatan, bank ini akan dinaikkan modalnya hingga Rp 500 miliar dari saat ini hanya Rp 100 miliar.

"Setelah beberapa saham dilepas, nantinya dirundingkan lagi soal namanya, apakah akan dilepas atau dipertahankan namanya," katanya.

Seperti diberitakan, PT Pos Indonesia akan melakukan gebrakan dengan membuat bank. Cara ini dilakukan sebagai diversifikasi bisnis perseroan. Bank yang diincar adalah PT Bank Sinar Harapan Bali. Bank tersebut adalah anak usaha PT Bank Mandiri Tbk yang saat ini masih menguasai 81,46 persen saham.Nantinya, PT Pos Indonesia dan PT Taspen sama-sama mengambil alih 20,2 persen saham di Bank Sinar Harapan Bali. Sementara sisanya, sebesar 6,08 persen, yang masih dikuasai pemegang saham lama dibeli PT Pos Indonesia kemudian.

Comments

Popular posts from this blog

Waktu Olahraga yang Tepat Saat Berpuasa

BlackBerry A10 Meluncur November